Membongkar Rahasia Umroh Super Murah dan Tip aman berangkat Umrah bagian 1

        Hukum umrah adalah adalah sunnah muakkad (menurut Malikiyah ) dan Wajib dilakukan sekali seumur hidup (menurut safi'iyah). Tetapi pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas masalah hukum maupun prosesi ritual dari ibadah ini tetapi saya akan berbagi tentang rahasia fenomena umrah atau umroh super murah yang sekarang ini semakin booming di kalangan masyarakat.

umroh 2016

       Siapa sih yang tidak mau umroh murah, tentunya semua orang akan sangat berminat ketika mendapatkan tawaran tersebut. Tetapi  sekarang yang menjadi pertanyaan adalah dengan biaya super murah ini umrahnya aman tau tidak?, bisa ibadah dengan khusuk atau tidak?. 

Dua hal di atas patut di pertimbangkan olek semua orang maupun kalangan sebelum mereka memutuskan untuk memilih biro tertentu. Jangan sampai alih-alih mendapatkan harga murah, malah tidak jadi berangkat, di Makkah dan Madinah tidak ada hotelnya atau bahkan tiket kepulangan belum ada karena fenomena seperti itu benar-benar pernah terjadi. 

      Sekarang ini tahun 2015 di Departemen Agama RI telah terdaftar ratusan biro perjalan Haji dan Umrah yang resmi ( informasi lengkap bisa ditanyakan di kantor departemen agama setempat). Dengan demikian otomatis ketika di pandang dari sisi bisnis, maka mereka dituntut untuk bisa bersaing harga antara satu biro dengan biro yang lain untuk bisa menggaet konsumen atau dalam istilah biro haji dan umrah mereka menyebutnya Jamaah. 

      Kondisi inilah yang mendorong timbulnya praktek yang kurang fair dari oknum biro-biro ini atau agen-agen umrah yang tidak jelas statusnya. Mereka membuat program dengan harga yang gila-gilaan muranya. Bagi orang awam, terutama orang-orang daerah ini dianggap sebagai harapan/sebagai peluang. Ibaratnya gayung bersambut, mereka punya uang minim dan ada yang menawari umroh dengan harga murah, klop sudah. "Wah mumpung ono rego murah budal ae lewat biro A "(ini kesempatan ada harga murah saya berangkat melalui travel A saja; red). 

     Tetapi mereka (orang awam) belum tahu kebenaran dari uraian murah ini apakah sudah termasuk semua biaya atau hanya murah tetapi masih ada biaya yang lain-lain yang belum termasuk. Hal inilah yang perlu kita edukasikan kepada masyarakat dalam memilih biro Haji dan Umrah. Jangan sampai fenomena bisa berangkat tetapi ternyata di sana belum ada hotel seperti di atas terjadi lagi. 

     Fenomena harga umrah super murah yang saat ini lagi booming sebenarnya bisa kita bagi menjadi dua kategori:

1. Umrah murah belum total
2. Umrah murah model MLM

Pada pembahasan bagian ke satu ini saya akan membagikan tips bagi masyarakat bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan Umrah super Murah yang Aman, Nyaman dan Selamat. Karena apalah gunanya kalau bisa berangkat tetapi ketika pulang malah jadi sakit hati dan umrahnya malah tidak mabrur. Apalagi kalau bisa berangkat Umrah murah tetapi saat pulang mempunyai hutang pada penyelenggaranya karena ternyata biaya yang dibayar saat berangkat masih belum total.

Berikut ini tip-tip untuk bisa mendapatkan biro Umrah  yang benar-benar Murah dan Aman:

  1. 1.    Anda datang sendiri ke Biro Penyelenggara Umrah yang dituju.
    2.       Tanyakan SK Umrah Penyelenggara tersebut untuk mengetahui apakah mereka biro resmi atau Agen atau bahkan cuma biro Abal-abal (penipu).
    3.       Tanyakan biaya yang di publish yang ada di brosur ataupun spanduk sudah termasuk biaya-biaya ini atau belum.
    ·         Tiket pesawat Domestik  Pergi dan Kepulangan .(bila  dari daerah; contoh anda di Sulawesi dan  pesawat internasionalnya berangkat dari  Jakarta)
    ·         Tiket pesawat internasional  Pergi dan Kepulangan (pakai Maskapai penerbangan apa?)
    ·         Biaya Visa
    ·         Biaya perlengkapan ( Koper, Buku Panduan umrah, tas paspor dan atribut lainnya)
    ·         Biaya manasik di tanah air / Indonesia
    ·         Biaya hotel di Makkah dan Madinah ( tanyakan juga nama Hotelnya apa, bintang berapa dan jaraknya dari Masjid Nabawi dan Masjidil haram berapa meter)
    ·         Biaya transport selama di Madinah dan Makkah termasuk transport  Ziarah / city Tour
    ·         Biaya Makan selama di Madinah dan Makkah
    ·         Biaya Airporttax  dan Handling
J    Jadi jangan sampai kita terlalu terlena karena tawaran-tawaran yang terlalu berlebihan, karena ketika ada hal tersebut seharusnya kita patut mempertanyakan dulu kebenaran informasinya, sehingga kita tidak menjadi korban dari praktek-praktek kurang mendidik dari pelaku bisnis yang tidak bertanggungjawab. semoga mendapatkan umrah yang Aman, Nyaman dan Mabrur.