Kuliner Magelang Jawa Tengah Part 2 ; Sego Godhog, Bubur Gudheg, Brongkos dan Tape Ketan

4. SEGO GODHOG

Sego berasal dari bahasa Jawa yang artinya Nasi. Sedangkan Godhog artinya artinya rebus. Simple kelihatannya hanya nasi rebus yang berkuah, tetapi nasi rebus ini jangan ditanyakan lagi perihal rasanya. Sego Godhog adalah makanan yang padat gizi, karena sudah mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin sekaligus dalam satu paket, ada sayuran, ayam suwir, telur dan tentu saja nasi lengkap dengan kuah lezatnya. Warung yang menjual sego godhog ini berada di sekitaran alun-alun Kota magelang. Biasanya mulai buka pada malam hari. Harga nya pun murah meriah. Ini lho bentuknya, cukup bikin ngiler kan?

sego godhog Kuliner Magelang Jawa Tengah Part 2

  
5. BUBUR GUDEG MBOK TOWILAH

Bubur gudeng ini seperti bubur gudeg biasanya yang ada di Jawa Tengah. Tapi entah kenapa menjadi legendaris di Magelang. Bubur Gudeg Mbok Towilah berada di Desa Ponggol, Grabag, Kabupaten Magelang. Kalau mau mencicipinya biar tidak nyasar bisa minta petunjuk sama mbah google atau foursquare. Jangan pada heran ya kalau musim mudik lebaran akan ramai pengunjung, habis legendaris siyy pemirsah.Harga nya juga bisa bikin kita cepat kaya.hahahah...


Bubur gudheg kuliner magelang


  
6. BRONGKOS


Brongkos, bagi yang belum tahu, adalah sayur berkuah coklat pekat. Serupa rawon tetapi memakai santan. Warna coklat pekat itu diperoleh karena penggunaan rempah lokal bernama kluwek. Rempah ini memberi sensasi berat yang gurih nikmat, dan rasanya akan tertinggal di lidah meski setelah beberapa waktu. Di tempat lain, rempah ini kadang disebut dengan kluwek atau keluwak (Jawa), picung (Sunda), pucung (betawi), pangi (di Bugis atau Bali), kapayang (di Minangkabau), kayu tuba buah (di Lampung), dan panarassan (Toraja).Ada banyak versi brongkos ini. Versi ‘vegetarian’ hanya berisi potongan tahu dan kacang tholo. Tetapi ada pula yang khusus berisi daging sapi, atau kombinasi daging dan tahu serta tholo bagi Anda yang doyan daging. Nah, ada satu warung brongkos yang boleh jadi salah satu paling populer di perbatasan Jogja Magelang, yaitu Warung Brongkos Bu Padmo. Lokasinya di Tempel, tak jauh dari jembatan Kali Krasak di perbatasan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Konon katanya sudah berdiri sejak 1950 an. Warung brongkos ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore atau jika sudah habis. Harga per porsinya sekitar 20 ribuan. Bagi yang belum tahu bentuknya bisa lihat digambar berikut.

Brongkos Kuliner Magelang Jawa Tengah Part 2

   
7. TAPE KETAN


Tape ketan adalah jajanan khas Magelang yang dibuat dari beras ketan putih dibungkus daun pisang. Tak susah mencarinya di Magelang karena memang termasuk makanan khas nya. Makanan ini banyak dijual di toko oleh-oleh dan pasar-pasar tradisional. Biasanya ditemani dengan jadah bakar yang nikmat. Ini penampakannya.

Tape Ketan Kuliner Magelang Jawa Tengah Part 2


Bagaimana, Mau coba.....